Cara Membuat Blog di Blogger/Blogspot Terbaru

Tutorial Panduan Gratis Membuat Blog Di Blogger Blogspot | Berikut adalah beberapa langkah jika anda ingin membuat blog , tetapi sebelumnya  silahkan simak sidikit penjelasan tentang blogger.

Apa itu Blogger/Blogspot ?

Blogspot adalah salah satu layanan blog gratis yang disediakan google kepada pengguna/pelanggan setia mereka yang dapat di akses dengan mmengunjungi dan mendaftar di blogger.com.

Salah satu syarat agar dapat membuat blog blogspot di blogger.com adalah memiliki account google, yang paling umum digunakan terutama account gmail atau google mail.

Oleh sebab itu saya sarankan untuk mendaftarkan diri anda di mail.google.com. (ketikan pada browser anda dan tekan enter).

Cara membuat blog di blogspot

1. Login menggunakan Username dan Password google account atau gmail Anda di blogger.com (ketikan pada browser anda dan tekan enter).

2. Agar lebih mudah dimengerti, ubah dulu bahasanya kebahasa indonesia jika halaman yang Anda buka masih berbahasa inggris. Lihat pilihan bahasa dipojok kanan atas halaman tersebut.

3. Jika sudah login,  klik tulisan "CIPTAKAN BLOG ANDA".

4. beri nama blog Anda: Isi nama judul blog yang nantinya akan menjadi nama atau judul utama blog Anda. Isi alamat blog (URL) yang Anda inginkan, jika alamat yang Anda masukkan tidak tersedia untuk didaftarkan, ganti dengan nama lainnya sesuai selera sampai terdapat keterangan tersedia, klik "LANJUTKAN".

5. pilih salah satu template dengan menandai tanda bulat kecil dari template tersebut. Template dapat Anda ganti dan edit lagi nanti sesuai keinginan Anda jika blog Anda sudah jadi. Klik "LANJUTKAN".

6. Sekarang blog Anda sudah jadi dan dapat memulai blogging atau menulis apa saja yang ingin Anda terbitkan di blog Anda tersebut.

Saran: anda harus membuat 1 postingan atau lebih, cari sebuah artikel yang akan menjadi topik di blog anda, setelah itu anda copy pada post editor lalu klik "pratinjau/preview" untuk melihat hasil tulisan dan jika sudah pas menurut Anda, klik "Publish/Terbitkan Entri".

Langkah awal pembuatan blog Anda sudah beres, langkah selanjutnya adalah membuat posting baru, pengaturan blog, editing tata letak/rancangan/design untuk tampilan blog Anda.

No comments:

Post a Comment